Bahan BELAJAR TAS Genap 2008

PRA PPL (PEMBELAJARAN MIKRO) (SMT 6 REG)

Tugas Take Home

1.Buatlah skenario prosedur model pembelajaran PAI dengan konsep pembelajaran mikro berdasarkan tugas perencanaan RPP yang telah saudara buat.

2.Dalam skenario tersebut jelaskan kisi-kisi ketrampilan mengajar yang perlu diterapkan sesuai bidang studi yang menjadi tugas bagian saudara dengan indikator ketrampilan membuka-menutup pelajaran, ketrampilan menjelaskan, ketrampilan bertanya dasar, ketrampilan bertanya lanjut, ketrampilan memberikan penguatan, ketrampilan membimbing diskusi, ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan

3.Tugas diketik 1,5 spasi, font new times roman 12 dengan kertas A4 minimal 4 halaman.

4.Tugas ini sebagai pengganti TAS dan dikumpulkan pada hari, tanggal dan jam sesuai jadwal yang tercantum dalam TAS, serta menandatangani bukti kehadiran dari pengawas TAS.

5.Selain dari ketentuan di atas, kami tidak menerima hasil tugas saudara dengan alasan apapun.

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (SMT 2 Bsc DIPL, SMT 4 Bsc SLTA, SMT 2 Lel PGMI)

Kisi-kisi

1.Pendidikan Islam tinjauan progresivisme bersifat eksklusif dan inklusif
2.Pilar-pilar pendidikan menurut UNESCO
3.Rumusan Das Sollen dan Das Sein dalam kerangka filsafat pendidikan Islam
4.Tiga warna pemikiran teori-teori pendidikan: teori sumber daya manusia, teori revitalisasi budaya, dan teori rekonstruksianisme
5.Sasaran pengembangan masyarakat dan tugas filsafat pendidikan Islam
6.Pemikiran metode pendidikan Islam Al Ghazali lebih bercorak empirisme yang lebih menekankan pada perbaikan sikap dan tingkah laku pendidik dalam mendidik.
7.Pengaruh pemikiran Ahmad Dahlan dalam perkembangan kontemporer pendidikan Islam
8.Tugas dan Fungsi pendidikan dalam kajian filsafat bersifat progresif mengikuti kebutuhan manusia.
9.Pokok-pokok isi makalah secara substantif dari masing-masing tema sesuai tugas kelompok.

MATERI PAI-1 (SMT 4 REG/LEL SLTA)

1.Sebab-sebab dan akibat-akibat dari peristiwa tahkim (abitrase)
2.Aliran Murjiah mempunyai pendapat tentang aqidah yang secara umum dapat digolongkan ke dalam pendapat yang modern dan ekstrim
3.Perbedaan corak pemikiran Qodariyah dan Jabariah
4.Perbedaan corak pemikiran Asyariyah dan Maturidiyah
5.Perbedaan corak pemikiran Maturidiyah Samarkan dan Maturidiyah Bukhoro
6.Tentang Mu’tazilah dan corak pemikirannya
7.Perbandingan aliran: konsep iman, keadilan Tuhan, sifat-sifat Tuhan dan melihat Tuhan
8.Analisa anda tentang Manfaat Ilmu Kalam bagi guru PAI
9.Tentang Tugas:
a.Tugas Telaah Kurikulum PAI Di sekolah/madrasah
b.Tugas Suplemen Aliran-Aliaran Teologi Islam

ILMU PENDIDIKAN ISLAM (SMT 2 REG & LEL SLTA)

1.Perbeadaan teori fitrah (Islam) dan teori tabularasa (Barat) dalam konsep pendidikan Islam
2.Makna QS At Tahrim: 6 dalam kajian pendidikan Islam
3.Majlis Ta’lim merupakan salah satu struktur kegiatan dakwah yang berperan dalam pembinanan dan peningkatan kualitas hidup umat Islam
4.Dinamika perkembangan pendidikan Islam di lembaga pendidikan baik formal (Sekolah dan Madrasah) maupun non formal (Madrasah Diniyah, Pesantren, Majlis Ta’lim, dan TPQ)
5.Pendidikan Islam dalam keluarga, sekolah dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang integral.
6.Dalam literature kependidikan Islam, seorang pendidik atau guru biasa disebut dengan bermacam-macam sebutan misalnya Ustadz, Mu’alim, Murabby, Mursyid, Mudarris dan Muaddib
7.Metode pendidikan Islam
8.Tentang makalah kelompok masing-masing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: